Jika bicara tentang alpukat mentega, maka bisa dipastikan dagingnya yang manis dan legit langsung melintas di pikiran Anda. Alpukat mentega merupakan salah satu jenis varian favorit buah alpukat, terutama bagi masyarakat Indonesia. Agar nantinya tak salah dalam membeli varian istimewa satu ini, kenali dulu beda antara buah alpukat mentega dengan yang varian biasanya.

Alpukat Mentega
1. Masa Panennya yang Lebih Sering

Dibandingkan dengan buah alpukat biasa, varian alpukat satu ini terbilang memiliki masa panen yang lebih sering. Anda bahkan bisa memanennya sampai dua kali dalam kurun waktu satu tahun. Bagi Anda yang ingin memulai usaha jual beli buah alpukat, tentu varian satu ini terbilang lebih menguntungkan. Anda pun bisa puas mengolahnya jadi sajian lain di rumah. 

2.  Mudah untuk Tumbuh di Area Tanah Mana Saja

Sudahlah sering kali berbuah, varian buah alpukat satu ini pun tak neko-neko dalam hal tekstur tanah tempatnya di tanam. Varian buah alpukat satu ini terbilang mudah untuk tumbuh di mana saja, jika dibandingkan dengan buah alpukat biasa. Dengan begini, Anda sama sekali tak perlu dipusingkan dengan urusan mencari lahan khusus untuk menanamnya.

3.  Daging Buah yang Lebih Tebal

Jika Anda merupakan penikmat setia varian buah alpukat satu ini, tentu Anda bisa membedakan ketebalan daging buahnya dengan buah alpukat biasa. Daging buah alpukat mentega terbilang jauh lebih tebal, jika dibandingkan dengan daging buah alpukat biasa. Ketebalan daging buahnya ini juga yang membuatnya jadi favorit banyak orang untuk dikonsumsi.

4.  Tekturnya yang Lembut, Legit, dan Tak Bikin Enek

Dibandingkan dengan alpukat biasa, alpukat satu ini memiliki tekstur daging buah yang lembut dan juga legit saat dikonsumsi. Kelembutan daging buahnya ini sesuai dengan namanya yang membawa embel-embel mentega. Selain lembut dan legit, daging buahnya pun tak menimbulkan rasa enek saat dikonsumsi, walaupun daging buahnya terbilang tebal dan banyak.

5.  Menawarkan Rasa yang Lebih Manis dan Gurih

Buah alpukat biasa memiliki cita rasa yang terbilang bland, sehingga kadang harus ditambah dengan gula untuk bisa terasa manis saat dikonsumsi. Cita rasanya ini berbeda dengan varian alpukat satu ini, di mana cita rasanya terbilang lebih manis dan juga terasa gurih. Jadi, walaupun Anda mengonsumsinya secara langsung tanpa gula pun tetap akan terasa kelezatannya. 

6.  Perubahan Warna Saat Buah Alpukat Matang

Mendeteksi matang atau tidaknya buah alpukat varian ini sangat mudah, bisa Anda lihat dari warna kulitnya. Jika warna kulitnya sudah berubah dari hijau ke kecokelatan, berarti bisa dipastikan buahnya tersebut sudah matang. Hal ini berbeda dengan buah alpukat biasa, yang mana warna kulitnya bisa tetap saja berwarna hijau, padahal daging buahnya sudah matang.

7.  Tekstur Kulit Luar Buah Alpukat yang Lebih Halus

Dibandingkan dengan buah alpukat biasa, buah alpukat varian satu ini memiliki tekstur kulit luar yang lebih lembut dan halus. Buah alpukat biasa memiliki tekstur kulit luar yang terbilang kasar. Dari perbedaannya yang satu ini saja, Anda bisa dengan mudah membedakan antara buah alpukat yang varian mentega dengan yang biasa.

Itulah tadi 7 perbedaan antara buah alpukat mentega dengan buah alpukat biasa. Jika Anda tak teliti dalam membelinya, bisa-bisa Anda salah beli dan malah membawa pulang buah alpukat biasa. Walaupun memiliki khasiat yang terbilang sama, namun tetap saja cita rasa yang disuguhkannya akan jauh terasa berbeda. Jangan sampai salah beli ya!