Aman dan Terpercaya, ini 4 Cara Praktis Cek Tagihan Listrik

Di zaman seperti sekarang ini sumber tenaga listrik adalah salah satu hal yang tak dapat dihindarkan dari aktivitas manusia. Mulai dari peralatan memasak, bersih-bersih rumah serta kegiatan lainnya, umumnya ditunjang dengan listrik. Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang kini cek hingga bayar tagihan listrik bisa melalui smartphone saja. Berikut ini cara praktis cek tagihan listrik.

1. Cek Tagihan Melalui  Telepon

Cara praktis pertama untuk mengetahui tagihan listrik hunian Anda adalah dengan menggunakan layanan telepon. Mudah caranya, Anda hanya perlu menghubungi PLN  di nomor 123 untuk menanyakan tagihan terkait. Bagi Anda yang menghubungi PLN melalui ponsel, maka Anda dapat menelpon dengan format (kode area)123.

Listrik
Jika telah tersambung, segera ikuti petunjuk dari operator. Tarif telepon normal akan ditanggung oleh penelepon dalam melakukan panggilan ke call centre PLN ini. Pengecekan ini dapat Anda lakukan kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.

2. Cek Tagihan Melalui SMS

Cara mudah selanjutnya untuk Anda dapat mengetahui tagihan listrik secara online adalah dengan menggunakan layanan SMS. Cek tagihan listrik secara online ini terbilang paling sederhana. Dengan cara yang satu ini Anda tidak perlu menggunakan sambungan internet, bahkan tidak perlu menggunakan telepon pintar.

Adapun format SMS yang digunakan adalah ketik REK (spasi) No ID pelanggan dan kirimkan ke nomor 8123. Bagi Anda yang ingin berlangganan SMS otomatis Anda cukup mengirimkan pesan singkat dengan ketik PLN (spasi) ON (spasi) No ID pelanggan kirimkan ke nomor 8123. Sedangkan jika ingin berhenti berlangganan Anda cukup mengirimkan SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) No ID Pelanggan dan kirim ke nomor 8123.

Layanan cek tagihan tersebut tersedia bagi Anda pengguna operator seluler Telkomsel, Indosat, T-Flexi, dan XL. Hanya saja, untuk menggunakan layanan SMS ini tidaklah gratis. Anda akan dikenakan biaya Rp 500 untuk setiap pesan.

3. Cek Tagihan Melalui Website

Berikutnya Anda bisa mengecek tagihan listrik melalui website. Meski website yang digunakan untuk mengetahui tagihan ini bukan milik PLN, namun hasil pengecekan tetaplah akurat. Langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengakses website untuk mengeceknya. Halaman laman tersebut akan menampilkan kolom untuk mengisi ID pelanggan.

Selanjutnya masukkan ID pelanggan PLN milik Anda, lalu masukan 6 digit captcha dan klik “Cek Tagihan”. Saat itu juga nominal tagihan listrik Anda akan muncul. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan bantuan online lain seperti penambahan daya atau pemasangan listrik sementara, Anda dapat mengakses langsung layanan online milik PLN.

4. Cek Tagihan Melalui Blibli.com

Aplikasi belanja online yang satu ini kini menawarkan fitur istimewa bagi pelanggannya. Selain memberikan kemudahan, harga yang diberikan sangat hemat, kini Anda bisa cek sekaligus bayar tagihan listrik lebih cepat dan praktis melalui aplikasi belanja online ini. Tentunya akan sangat menguntungkan, Anda hanya tinggal duduk dengan nyaman tanpa pergi ke bank atau kantor PLN.

Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka website atau aplikasi Blibli.com. Lanjutkan dengan membuka menu pembayaran listrik PLN, isikan nomor ID pelanggan milik Anda, klik lihat tagihan jika Anda hanya ingin mengetahui jumlah tagihan listrik milik Anda.

Apabila Anda ingin sekaligus membayar tagihan listrik melalui aplikasi ini lanjutkan dengan klik bagian konfirmasi tagihan listrik, lalu yang terakhir klik bayar tagihan dan lakukan pembayaran.

Nah, itulah 4 cara mudah dan praktis untuk cek tagihan listrik bulanan Anda. Anda dapat mengetahui jumlah pemakaian dengan cepat. Dengan demikian, pembayaran tagihan pun dapat berjalan lancar dan menghindari resiko listrik diputus oleh pihak PLN.

Posting Komentar

0 Komentar